22 Feb 2017

Yakin Beli Rumah Tanpa DP?


1.      Kemarin dapet cerita dari teman yang beli rumah tanpa DP. Bukan di DKI lho, gak ada hubungannya :)

2.      Jadi temen beli rumah second dgn harga negosiasi sekitar Rp180jt, tapi bank bisa nilai rumah tersebut sampai Rp300jt.

3.      Karena bank nilai harga rumah 300jt, dan bisa biayai 70% dari harga tsb, maka bank kasi kredit maksimal Rp210jt.

4.      Dapat uang dari bank Rp210jt - bayar rumah Rp 180jt, msh ada sisa Rp30jt utk bayar bea balik nama, notaris, dll.

5.      Jadi beli rumah tanpa DP atau DP 0 itu udh gak aneh lah. Motivator properti juga udh sering bahas bgmn caranya beli properti tanpa uang.

6.      Ada juga motivator properti yg ngajarin "beli rumah tanpa keluar duit, bahkan dapat duit".

7.      Marketing perumahan juga sering kok kasi jurus beli rumah dengan DP 0 atau DP dicicil, dan sejenisnya.

8.      Selama appraisal bank bisa lbh tinggi daripada harga yg dibayarkan, maka DP 0 atau tanpa DP itu bisa aja. Itu aja kuncinya.

9.      Kenapa harganya bisa lbh rendah? Ya bisa aja krn diskon, cashback, subsidi, atau bisa juga krn negonya jago dgn yg jual rumah.

10.  Sama aja kaya beli apartemen dgn "rental guarantee" x%. Bisa aja kan pengembang naikin harganya, nanti dikembalikan sbg sewa tahunan.

11.  Jadi kalau ada program pemerintah utk subsidi bunga, gak aneh kalau ada program untuk subsidi DP. Aturable lah... :)

12.  Selama appraisal bank bisa lbh tinggi daripada harga yg dibayarkan, maka DP 0 atau tanpa DP itu bisa aja. Itu aja kuncinya.

By Ahmad Ghozali

Emas Mini

Entri Populer