24 Feb 2017

Tips Menghadapi Ujian


Ada yg lg menghadapi ujian hidup, Sob? Skrg mau bahas ttg Tips Menghadapi Ujian. Disimak ya...

1) Yakin kalo Ujian itu Bukti Cinta Allah sm hambaNya. Allah memberikan ujian agar kita lbh dewasa & matang dlm hidup. “Barang siapa yg dikehendaki Allah mjd org baik maka dia akan diberi-Nya cobaan.” (HR Bukhari)

2) Yakin bhw makin besar ujian, makin besar jg pahala dan kasih saying Allah. So, selesaikan ujiannya dg baik. “Sesungguhnya besarnya pahala itu tergantung pada besarnya cobaan. Sesungguhnya apabila Allah Ta’ala itu mencintai suatu kaum maka Dia mengujinya. Barang siapa yang rela menerimanya, dia mendapat keredhaan Allah, dan barang siapa yang murka, maka dia pun mendapat kemurkaan Allah” (H.R.Tirmidzi)

3) Yakin bhw ujian itu bs menghapus dosa2 yg kita kerjakan. “Seorang muslim yang ditimpa penderitaan, kegundahan, kesedihan, kesakitan, gangguan, dan kerisauan, bahkan hanya terkena duri sekalipun, semuanya itu merupakan kafarat (penebus) dari dosa-dosanya (H.R. Bukhari & Muslim)

4) Selalu berpikir positif bhw apapun yg menimpa kita akan mjd kebaikan.

5) Yakin bhw stlah kesulitan ada kemudahan. Fakta mnunjukkan bhw ide2 hebat sering muncul saat qt di puncak kesulitan. “Kerana sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Alam Nasyrah: 5- 6)

6) Selalu optimis. Karena Allah tdk akan memberikan ujian hidup di luar kemampuan hamba-Nya. Optimis bs melahirkan tenaga tersembunyi dlm diri, optimis bs mjd bahan bakar u/ menyelesaikan segala mslah. Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan hambanya itu. “Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan dia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Q.S. Al-Baqarah 2 : 286).

7) Berusaha & Berdoa. Kerahkan segala ikhtiar u/ menyelesaikan ujian hidup & follow-up usaha itu dg doa. 

Itulah tips menghadapi ujian dlm hidup. Tetep semangat, Sobat! Tiap masalah tercipta 1 paket sm solusi lho :)

By @rumahzakat

Emas Mini

Entri Populer